Rabu, 21 September 2016

BUDIDAYA JERUK LEMON TEA



PANDUAN PRAKTIS BUDIDAYA JERUK LEMON “ BANYAK MANFAAT BAGI KESEHATAN ”
Dikalangan masyarakat pastinya tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Jeruk lemon atau jeruk sitrun yang semakin populer di masyarakat umum ini. Bila zaman dahulu masyarakat kita hanya familiar dengan jeruk purut sebagai bahan pelengkap masakan, maka untuk saat ini jeruk lemon tampil sebagai bahan pelengkap masakan yang nikmat dan sangat menyegarkan.
Dengan kehadiran chef yang berpengalaman yang biasa kita lihat dimedia sosial senantiasa menggunakan jenis jeruk lemon ini menyebabkan masyarakat antusias untuk menyerbu jeruk lemon sebagai bahan pelengkap sajian hidangan. Jeruk lemon ini selain berfungsi sebagai pelengkap masakan juga berfungsi sebagai pelengkap minuman yang menyegarkan dan kaya vitamin C, sebut saja lemon tea yang mempunyai banyak penggemar.
Dengan begitu seiring dengan kepopuleran jeruk lemon maka banyak yang mulai membudidayakan jeruk lemon hal ini demi untuk memenuhi kebutuhan pasar. Nah berikut ini panduan praktis budidaya jeruk lemon bagi anda yang minat atau ingin membudidayakannya.

SYARAT TUMBUH TANAMAN JERUK LEMON

Pada tanaman jeruk lemon yang sangat baik ditanam di area yang berkriteria sebagai berikut ini :
  • Memiliki tanah yang gembur dan organic, dipastikan bahwa lahan yang akan anda tanami mempunyai kandungan organic yang baik sampai pohon jeruk lemon bisa tercukupi nutrisinya. Apabila anda ingin menggemburkan tanah dengan menggunakan pupuk, maka pilihlah pupuk organic yang alami dan bebas bahan kimia.
  • Pada tanah yang akan ditanami mempunyai tingkat garam yang rendah.
  • Pada tanah yang akan ditanami bebas dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya.
  • Tanah tersebut tidak tergenang air, tidak becek dan tidak terlalu basah.
  • Di lahan mendapatkan sinar matahari yang cukup besar.
  • Jeruk lemon bisa tumbuh di dataran tinggi maupun rendah, di daerah tropis seperti negara kita maupun di negara subtropis.

BUDIDAYA JERUK LEMON

Apabila anda sudah siap memenuhi kriteria tumbuh tanaman jeruk lemon di atas, maka kini saatnya dengan mencermati dalam teknik budidaya jeruk lemon yang berurutan dimulai dari penyiapan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan dan pemeliharaan serta pemanenan.
Penyiapan Lahan
Seperti halnya dengan bercocok tanam jenis pohon jeruk lainnya, anda juga perlu dengan menyiapkan lahan yang cukup luas untuk ditanami pohon jeruk lemon. Undukan tanah perlu anda buat ditanami masing-masing bibit dan berikan jarak antara tanaman jeruk lemon satu dengan lainnya.
  • Pilihlah cara tanam yang tepat dengan memperhatikan arah mata angin yang tepat supaya sinar matahari bisa menempa langsung pohon jeruk lemon yang anda tanami. Selain itu juga dipastikan supaya air tidak menggenangi pohon jeruk lemon dengan cara membuat parit-parit kecil sebagai tempat mengalirnya air di kala hujan. Dengan adanya genangan air tersebut akan menurunkan kualitas dari buah lemon yang dihasilkan. Dan perhatikan juga kedalaman lubang tanaman maupun sesuaikan dengan akar bibit supaya bibit bisa mencengkeram tanah dengan baik.
  • Pembibitan
    Dalam cara pembibitan dapat anda lakukan dengan mendatangkan bibit yang terjamin kualitasnya dan diakui secara legal oleh negara. Untuk pembibitan ini merupakan salah satu kunci penting dari kualitas buah yang akan dihasilkan, untuk itu kualitas bibit perlu sekali benar-benar anda perhatikan dengan seksama.
  • Penanaman
    Dalam penanaman bisa anda lakukan kapan saja hal ini karena pada dasarnya pohon jeruk mampu bertahan hidup di segala musim, asalkan cara menanam tepat dan syarat tumbuhnya terpenuhi. Dalam teknik menanam dilakukan dengan menancapkan bibit ke masing-masing undukan tanah yang telah dibuat. Dipastikan bibit buah jeruk lemon mendapatkan sinar matahari yang cukup dan air yang tidak berlebihan.
  • Pemupukan
    Untuk pemupukan bisa dilakukan maksimal 4x dalam satu tahun dengan menggunakan kombinasi pupuk yang direkomendasikan seperti pupuk kandang, TP, ZK dan kompos. Tentunya pemberian pupuk ini harus dilakukan secara bijaksana dan tepat waktu.
  • Perawatan
    Untuk perlu diperhatikan ialah pengendalian hama tanaman yang bisa berupa lalat buah, ulat, tungau dan masih banyak lagi. Anda juga dapat memasang jebakan untuk mengusir lalat buah atau menyemprotkan zat tertentu untuk menyelamatkan buah dari hama penyerang.Jangan lupa bagi ada yang ingin membudidaya tanaman jeruk lemon, penebangan sebagian batang utama harus dilakukan hal ini untuk peningkatkan jumlah cabang sehingga produktivitas pohon jeruk lemon bisa terpelihara dan meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu jumlah buah yang terlalu banyak pada musim panen pertama bisa anda pangkas untuk produktivitas buah di tahun mendatang.
  • Pemanenan
    Untuk pemanenan buah jeruk lemon bisa anda lakukan saat buah benar-benar matang, pasalnya buah jeruk merupakan jenis buah yang hanya bisa mematangkan diri di pohon dan setelah dipetik maka ia akan berhenti melakukan proses pematangan dan untuk usia buah yang ideal dipanen ialah 30-36 minggu.
Demikianlah pembahasan mengenai Panduan Praktis Budidaya Jeruk Lemon “ Banyak Manfaat Bagi Kesehatan ” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar